Tutorial Membuat Program Luas Segitiga pada Java di NetBeans

Sebelum saya menunjukkan bagaimana membuat program luas segitiga yang efektif, saya ingin kalian berpikir sejenak. COba kalian pikirkan, kira-kira apa sajakah yang akan dilakukan oleh computer ketika ia akan menghitung luas segitiga tersebut. Saya berikan kalian waktu 2 menit untuk memikirkannya, setelah itu silahkan kalian sesuaikan dengan langkah-langkah yang saya pikirkan.

Untuk membuat program luas segitiga, setidaknya ada 3 buah langkah yang akan dilakukan oleh computer, yaitu:

1.      Meminta input untuk alas dan tinggi segitiga.
2.      Menghitung luas segitiga berdasarkan input yang telah di berikan.
3.      Menampilkan hasil perhitungan tersebut ke layar.

Pada langkah pertama, kita akan meminta input untuk alas dan tinggi segitiga. Pada langkah kedua, kita akan menghitung luas segitiga. Oleh karena itu, kita memerlukan 3 buah variable untuk menyimpan data-ata tersebut. Dengan demikian, langkah-langkah di atas dapat dituliskan kembali menjadi seperti di bawah ini:

1.      Mendeklarasikan 3 buah varibel, yaitu alas, tinggi, dan luas.
2.      Meminta 2 buah input lalu menyimpannya di variable alas dan tinggi.
3.      Menghitung luas segitiga dan menyimpan hasilnya dalam variable luas.
4.      Menampilkan isi dari variable luas ke layar.

Jika kalian sudah mengerti, mari kita lihat langkah-langkah tersebut yang sudah diubah menjadi kode programnya:

import java.util.Scanner;
public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner s = new Scanner(System.in);
        int alas, tinggi, luas;
        alas = s.nextInt();
        tinggi = s.nextInt();
        luas = (alas * tinggi) / 2;
        System.out.printf(“%d”, luas);
    }
}
Nah, sekarang coba kita lihat program di atas. Apakah ada sesuatu yang menurut kalian kurang ? Yup, betul! Pada kenyataannya, alas dan tinggi segitiga tidak selalu berupa bilangan bulat, tetapi juga dapat berupa bilangan berkoma. Sekarang, mari kita perbaiki program tersebut.

import java.util.Scanner;
public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner s = new Scanner(System.in);
        float alas, tinggi, luas;
        alas = s.nextFloat();
        tinggi = s.nextFloat();
        luas = (alas * tinggi) / 2;
        System.out.printf(“%.2f”, luas);
    }
}
            Sekarang program kita sudah lebih baik. Agar lebih mudah dan nyaman dipakai, mari kita berikan sedikit sentuhan akhir.

            import java.util.Scanner;
public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner s = new Scanner(System.in);
        float alas, tinggi, luas;
        System.out.printf(“Masukkan Alas : “);
        alas = s.nextFloat();
        System.out.printf(“Masukkan Tinggi : “);
        tinggi = s.nextFloat();
        luas = (alas * tinggi) / 2;
        System.out.printf(“Luas Segitiga : %.2f”, luas);
    }
}

Sekian, kita selesai mempelajari bagaimana cara membuat program luas segitiga sederhana menggunakan Java di NetBeans. Semoga Bermanfaat.

3 Comments

  1. danang sudrajat April 13, 2015
  2. Faiq Nukha April 17, 2015
  3. Sumaryadi July 21, 2016

Leave a Reply