Struktur Dasar Program Bahasa Java di NetBeans

Sebelum membuat kita belajar untuk memprogram, mari kita lihat struktur dasar dari program bahasa Java terlebih dahulu. Ada beberapa komponen yang hampir selalu muncul setiap kali kita membuat sebuah program dengan bahasa tersebut. Meskipun komponen-komponen tersebut mungkin memiliki nama yang berbeda, namun fungsinya tetap sama.
Komponen-komponen tersebut adalah :
1.      Fungsi main().
2.      Deklarasi variable.
3.      Perintah (statement).
4.      Keyword import.
5.      Komentar.
6.      Kurung kurawal

Berikut ini adalah contoh kode program yang menggunakan ketiga bahasa tersebut. Pada contoh tersebut, saya telah memberikan keterangan yang menunjukkan komponen-komponen dasar yang telah saya sebutkan. Silahkan kalian lihat terlebih dahulu.

Struktur Dasar Program Bahasa Java di NetBeans 1

Fungsi Utama / Fungsi Main()
            Fungsi main() adalah list to do-nya si computer. Isinya adalah sekumpulan perintah yang akan dia kerjakan ketika kita menjalankan program menghitung segiempat. Secara garis besar, isi dari fungsi main() pada program luas segiempat di atas adalah :
1.      Perintah untuk memberikan nilai panjang dan lebar dengan 10 dan 5.
2.      Perintah untuk menghitung luas segiempat.
3.      Perintah untuk menampilkan luas yang telah dihitung ke layar.

Deklarasi Variabel
            Variabel adalah sebuah tempat untuk menyimpan data. Sebelum menghitung luas segiempat, kita memberikan nilai 10 dan 5 untuk disimpan oleh computer di dalam variable.
            Deklarasi variable adalah sebuah perintah agar computer menyediakan variable yang akan kita pakai. Pada contoh program luas segiempat, kita memerintahkan computer untuk menyediakan variable dengan nama panjang, lebar, dan luas. Variabel tersebut akan kita gunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat (integer). Oleh karena itu, kita mendeklarasikan variable tersebut dengan tipe int.
            Ada beberapa tipe variable yang dapat kita gunakan dalam memprogram, tapi untuk saat ini kita akan bahas 2 tipe yang sering kita gunakan:
1.      Variabel integer (int) untuk menyimpan bilangan bulat.
2.      Variabel float untuk menyimpan bilangan berkoma/real.
Untuk mendeklarasikan sebuah variable, kita perlu menuliskan tipenya, namanya, dan diakhiri titik koma.
TipeVariabel NamaVariabel;
Contoh:
1.      Mendeklarasikan 1 buah variable.
int myVariable;
2.      Mendeklarasikan lebih dari 1 buah variable.
int firstVariable;
float secondVariable;
Nama variable juga ada aturannya, tidak boleh ditulis sembarangan, yaitu:
1.      Nama variable hanya boleh terdiri dari huruf, angka, dan garis bawah/underscore (_).
2.      Karakter pertamanya harus huruf.
3.      Huruf besar dan kecil dianggap berbeda (Case sensitive). Variabel luas dan variable Luas dianggap dua buah variable yang berbeda. Jadi jangan lupa besar dan kecilnya.
4.      Kata kunci (keyword) yang sudah ada di dalam bahasa yang kalian gunakan (Contoh: include, using, import, for, if, scanf, printf, int, float, dan kata kunci lainnya) tidak boleh dipakai sebagai nama variable.

Statement
            Perintah/Statement digunakan untuk memerintahkan computer untuk melakukan sesuatu. Nah.. ini nih penjelasan untuk perintah-perintah yang ada di program luas segiempat kita (jangan bingung gimana cara memakainya, yang penting saat ini kalian tahu fungsi dari perintah-perintahnya dahulu).
1.      Perintah panjang = 10; memerintahkan computer untuk megisi variable panjang dengan nilai 10. Sekarang kalian tahu kana pa yang dilakukan computer dengan statement lebar = 5; ?
2.      Perintah luas = panjang * lebar; memerintah computer untuk menghitung hasil perkalian dari panjang dan lebar, lalu menyimpannya di dalam variable luar.
3.      Perintah System.out.print(“Luas segiempat = “ + luas); memerintahkan computer menampilkan isi variable panjang, lebar, dan luas ke layar.
4.      Sebuah statement biasanya diakhiri dengan titik koma (;), kecuali statement-statement tertentu seperti if(), for(), dan sebagainya.

Keyword Import
            Karena kita akan menggunakan fungsi System.out.printf(); dalam program luas segiempat, maka kita perlu memberitahu komentar library file yang mencatat Sysetem.out.printf();. Caranya adalah menulis import java.lang.*; di awal kode program kita. Perintah import java.lang.*; berarti kita berbicara pada computer seperti ini, “Eh kompie.. kita mau pakai segala sesuatu yang ada di java.lang nih.. jangan lupa ya..”.
            Berikut ini adalah cara penulisan (syntax) menggunakan import di dalam bahasa java:
Import NamaFileLibrary;

Komentar
            Komentar tidak akan dibaca oleh computer. Ini hanya kita pakai sebagai catatan/note supaya kita tidak lupa dengan apa yang kita kerjakan di program tersebut. Misalnya, komentar pada contoh program luas segiempat dibuat untuk mengingatkan bahwa kita mendeklarasikan variable pada baris di bawahnya.
            Jika komentar kita hanya 1 baris, kita cukup memberikan tanda // di depan komentar kita. Tapi jika komentar kita lebih dari 1 baris, kita harus memberikan tanda /* di depan komentar kita dan tanda */ di belakang komentar kita.
Contoh:
// Komentar untuk 1 baris
/* Komentar untuk lebih dari satu baris. */

Kurung Kurawal
            Kurung kurawal berfungsi untuk memberitahu computer bahwa perintah-perintah di dalamnya merupakan satu kesatuan. Singkatnya, kurung kurawal kita pakai untuk membuat sekumpulan perintah (compound statement/block).

One Response

  1. cari omset online December 24, 2015

Leave a Reply