Pengenalan Dasar Database dan DBMS PostgreSQL

Assalamualaikum wr. wb.

Kali ini penulis akan mencoba membahas mengenai salah satu mata kuliah di jurusan teknik informatika, yaitu desain basis data. Untuk artikel pertama yang akan dibahas adalah pengenalan apa itu database dan apa itu DBMS postgreSQL ? Silahkan di baca dengan seksama apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon di maklumi karena penulis juga masih dalam pembelajaran.

1. Apa itu Basis Data ?

Database merupakan proses penyimpanan beragam informasi untuk diolah sedemikian rupa agar mudah untuk dipergunakan kembali. Suatu software basis data merupakan software yang digunakan untuk menyimpan dan memungkinkan data yang telah disimpan untuk diakses dengan perintah-perintah tertentu. Software basis data sering dikenal dengan sebutan DBMS (Database Management System).

Sebuah basis data pada hakikatnya merupakan computerized record-keeping system. Terhadap basisdata, pemakai bisa melakukan operasi – operasi berikut :
Membuat file baru ke basis data
Menambahkan data baru
Menampilkan isi file
Mengubah data dalam file
Menhapus data dalam file
Menghapus file

  SPBD (Sistem Pengolahan Basis Data) merupakan terjemahan dari DataBase Management System (DBMS). Untuk beberapa SPBD, beberapa operasi di atas bisa saja tidak berlaku. Mislanya, membuat file baru ke basisdata, menghapus file di SPBD Microsoft Access, dan menampilkan isi file di SPBD Oracle.

Ada juga yang menyimpulkan bahwa, system basis data pada dasarnya adalah sebuah komputerisasi system penyimpanan record; yaitu, merupakan sebuah system komputerisasi yang tujuan keseluruhannya adalah menyimpan informasi dan mengijinkan pemakai untuk 
mengambil kembali dan memperbarui informasi tersebut atas permintaan atau keinginan pemakai. Informasi  yang dibahas dapat merupakan sesuatu yang berarti pada individual atau organisasi yang terlibat apa saja, yang dibutuhkan untuk membantu dalam proses umum menjalankan usaha individual atau organisasi itu.
2. Apa itu DBMS PostgreSQL ?

PostgreSQL adalah sebuah produk database relasional yang termasuk dalam kategori free open source software (FOSS). PostgreSQL terkenal karena fitur-fitur yang advanced dan pendekatan rancangan modelnya menggunakan paradigma object-oriented, sehingga sering dikategorikan sebagai Object Relational Database Management System (ORDBMS).
Beberapa fitur PostgreSQL adalah sebagai berikut : 
Inheritance, dimana satu table dapat diturunkan model dan beberapa karakteristik dari table lainnya.
Multi-Version Concurrency Control (MVCC), dimana user diberi data snapshot ketika suatu perubahan dilakukan sampai commit.
Rules, dimana suatu query DML yang dikirimkan ke server akan mengalami penulisan ulang (rewrite). Ini terjadi sebelum diproses oleh query planner.
dan berbagai fitur lainnya
Ada banyak hal unik yang bisa kita temui dari database yang satu ini. Niatan awal para programmer-nya adalah membuat suatu database yang kaya akan feature dengan keluwesan yang tinggi. Prioritas ini sempat membuat Postgres dianggap sebagai database SQL yang tidak sesuai dengan standar ANSI-SQL92 sebagaimana yang lazim ditemui pada database berskala besar. Namun kini – secara perlahan tapi pasti – Postgres telah menjawab tantangan tersebut. ANSISQL92 memang sebuah standar, dan Postgres menawarkan standar yang lebih baik. Dibalik masalah teknis tersebut, Postgres tersedia dalam bentuk source code.
Oke, sekian dulu dan untuk selanjutya penulis akan mencoba membahas mengenai perintah dasar dalam PostgreSQL, jika ada kekurangan dalam penulisan, penulis mohon untuk memberitahukan melalui komentar di bawah atau melalui Contact Form diatas. 
Wassalamualaikum wr. wb.

16 Comments

  1. David Ariand May 6, 2015
  2. Ayex Assegaf May 6, 2015
  3. iqballh May 6, 2015
  4. El-Nino Ramadhan May 6, 2015
  5. faizal kemal May 6, 2015
  6. Anonymous May 6, 2015
  7. Kueri Informasi May 6, 2015
  8. Muhammad Hilwan May 6, 2015
  9. Faiq Nukha May 6, 2015
  10. Faiq Nukha May 6, 2015
  11. Faiq Nukha May 6, 2015
  12. Faiq Nukha May 6, 2015
  13. Faiq Nukha May 6, 2015
  14. Faiq Nukha May 6, 2015
  15. Faiq Nukha May 6, 2015
  16. Faiq Nukha May 6, 2015

Leave a Reply