Kriteria Situs Web Yang Baik (Part 2)

Assalamualaikum wr. wb.

Ini merupakan kelanjutan dari artikel yang di bahas tadi, yaitu mengenai apa saja kriteria yang menjadikan suatu web itu menjadi baik.

1.      Contents

Sebaik apapun situs web secara desain grafis, tanpa konten yang berguna dan bermanfaat maka akan kurang berarti. Konten yang baik akan menarik, relevan,dan pantas untuk target audien situs web tersebut. Gaya penulisan dan bahasa yang dipergunakan harus sesuai dengan web dan target audien. Hindari kesalahan dalam penulisan, termasuk tata bahasa, dan tanda baca, di tiap halaman, header, dan judulnya. Buat daftar penjelasan untuk istilah-istilah khusus.

Hasil analisis Nielsen.NetRatings menunjukkan bahwa waktu rata-rata yang dihabiskan seseorang untuk melihat sebuah halaman web sekitar 60 detik. Pengunjung men-scan halaman, langsung mencari hyperlink yang mengarahkan ke halaman lain dari tujuan mereka. Pada saat men-scan tersebut, umumnya pengunjung lebih tertarik dengan frasa dan kata yang biasa dipergunakan pada halaman web.

Beberapa tip untuk membuat konten yang baik :
·         Kenali audien.
·         Jaga konten agar tetap up to date.
·         Nyatakan kebijakan yang jelas.
·         Dahulukan kualitas di atas kuantitas.
·         Buat tulisan pada halaman web agar dapat dengan mudah dan cepat di-scan.
2.      Compatibility

Situs web harus kompatibel dengan berbagai perangkat tampilannya (browser) harus memberikan alternative bagi browser yang tidak dapat melihat situsnya.

Beberapa tip untuk meningkatkan kompatibilitas :
·         Tes di berbagai browser.
·         Pastikan situs web bekerja paling tidak di platform PC.
·         Jika memungkinkan, tawarkan pilihan tampilan situs.
·         Kalau memakai plugin, pastikan pengunjung dapat dengan mudah mendownloadnya.
3.      Loading time

Sebuah situs web yang tampil lebih cepat kemungkinan besar akan kembali dikunjungi, apabila bila dengan konten dan tampilan yang menarik. Waktu download memang tidak hanya dipengaruhi desain tetapi juga koneksi, server, dll. Namun demikian desainer web setidaknya harus memperhitungkan desain yang dibuatnya agar dapat tampil lebih cepat dengan menggunakan ukuran yang sekecil mungkin.

Beberapa tip untuk meningkatkan loading time :
·         Uji coba untuk berbagai kecapatan koneksi.
·         Jika menggunakan grafik, jaga grafik agar berukuran kecil dan gunakan fasilitas optimize pada program pengolah grafik.
·         Lakukan slicing pada image secara efektif.
·         Gunakan atribut pada image.
·         Lakukan manajemen table yang baik.
·         Gunakan animasi dan suara sefektif atau sekecil mugkin
4.      Functionality

Seberapa baik sebuah situs web bekerja dari aspek teknologi, ini bisa melibatkan programmer dengan script-nya, misalnya HTML (DHTML), PHP, ASP, ColdFusion, CGI, SSI, dan lain-lain.

5.      Accessibility

Halaman web harus bisa dipakai oleh setiap orang, baik anak-anak, orang tua, dan orang muda, termasuk orang-orang cacat. Ada berbagai hambatan yang ditemui dari sisi pengguna untuk bisa menikmati haman web itu. Desainer web setidaknya harus mempertimbangkan masalah ini dan memberikan solusinya, terutama yang berhubung dengan tugasnya sebagai desainer.
Selain itu ada juga hambatan infrastruktur, seperti akses internet yang lambat, spesifikasi computer, penggunaan browser, dan lain-lain, yang dapat mempengaruhi akses seseorang, termasuk berbagai teknologi baru seperti PDA dan ponsel. Web juga harus dapat diakses melalui teknologi tersebut.

6.      Interactivity
Buat situs web yang memungkinkan pengunjung berinteraksi dengan situs web, kita sebagai pemilik atau pembuat, pengunjung lain, dan dengan komputernya, Inter-aktivitas adalah apa yang melibatkan pengguna situs web sebagai user experience dengan situs web itu sendiri. Dasar dari interaktivitas adalah hyperlinks (link) dan mekanisme feedback.

            Itulah sedikit pengetahuan mengenai apa saja kriteria menjadi situs web yang baik. Sekian dari penulis kurang lebihnya penulis mohon maaf akan kekurangan penulis dalam menulis artikel ini. Semoga bermanfaat buat penulis sendiri dan juga pembaca yang lain.

18 Comments

  1. Dhimas Panji April 26, 2015
  2. Ahmad Aulia Fahmi April 26, 2015
  3. Pramana April 27, 2015
  4. Muhammad Hilwan April 30, 2015
  5. Faiq Nukha April 30, 2015
  6. Faiq Nukha April 30, 2015
  7. Faiq Nukha April 30, 2015
  8. Faiq Nukha April 30, 2015
  9. faizal kemal May 1, 2015
  10. David Ariand May 4, 2015
  11. alex bastari May 4, 2015
  12. Ramadhan Arya a May 4, 2015
  13. Faiq Nukha May 6, 2015
  14. Faiq Nukha May 6, 2015
  15. Faiq Nukha May 6, 2015
  16. Faiq Nukha May 6, 2015
  17. Faiq Nukha May 6, 2015

Leave a Reply