Konsep Enkapsulasi pada Java di Netbeans

A.    Konsep Enkapsulasi

Enkapsulasi memiliki arti mengelompokkan program ke dalam satu unit sehingga program menjadi mudah digunakan karena terdapat antar muka yang baik. Ini berarti class yang telah dibuat akan mampu menangani berbagai input yang diberikan dan menghasilkan output yang benar. Hal ini juga berarti bahwa program terlindung dari pengaksesan variable kritis oleh proses atau perubahan oleh programmer selama tahap pembangunan program. Dengan demikian manfaat Enkapsulasi adalah :

·         Modularitas
Source code dari sebuah class dapat dikelola secara independen dari source code class yang lain. Perubahan internal pada sebuah class tidak akan berpengaruh bagi class yang menggunakannya.
·         Information Hiding
Penyembunyian informasi yang tidak perlu diketahui objek lain.
B.     Overloading

            Overloading adalah method yang memiliki nama sama tetapi memiliki signature berbeda. Signature adalah tipe data dari argument suatu method. Contoh :

            public class LatOverloading {
public LatOverloading(){
System.out.println(“Inside default constructor”);
}
public LatOverloading(int i){
System.out.println(“Inside single parameter constructor with
int value”);
}
public LatOverloading(String str){
System.out.println(“Inside single parameter constructor with
String object”);
}
public LatOverloading(int i, int j){
System.out.println(“Inside double parameter constructor”);
}
public static void main(String a[]){
LatOverloading mco = new LatOverloading();
LatOverloading spmco = new LatOverloading(10);
LatOverloading dpmco = new LatOverloading(10,20);
LatOverloading dpmco = new LatOverloading(“java is the best”);
            }
}
            Perhatian kita tujukan pada method LatOverloading() yang memiliki nama yang sama tetapi memiliki signature yang berbeda dimana argument pertama tipe datanya int sementara yang kedua adalah String.

            Dengan demikian terdapat Overloading pada class LatOverloading. Overloading berhubungan dengan konsep enkapsulasi karena keberadaan overloading berhubungan dengan kemudahan dalam menggunakan class. Dengan adanya lebih dari satu method LatOverloading() maka pengguna menjadi lebih nyaman ketika menggunakan method tersebut karena method dapat digunakan untuk tipe data yang berbeda yaitu int dan String pada contoh. Dengan demikian tidak ada kekhawatiran bahwa input data dengan berbagai tipe data tidak dapat ditangani oleh class yang dibuat. Class LatOverloading adalah class yang dibuat untuk mencoba penggunaan method LatOverloading di atas.

C.    Package
            Pembicaraan mengenai enkapsulasi berhubungan dengan apa yang disebut dengan package. Package digunakan untuk mengelompokkan class-class menurut tema tertentu. Bila kita perhatikan, Java meletakkan class-class untuk menangani komponen GUI dalam package javax.swing, class-class yang mendukung akses database diletakkan dalam package java.sql dan class-class untuk mengatur koleksi data disimpan dalam package java.util. Kita dapat menggunakan ide tersebut dalam membangun program.

            Bila kita berharap bahwa class dalam suatu package dapat diakses oleh class di luar package, maka kita harus mendeklarasikan class tersebut dengan access modifier public. Bila tidak terdapat modifier public maka class tersebut hanya dapat diakses oleh class dalam package yang sama.

9 Comments

  1. David Ariand April 15, 2015
  2. Nanang Rizky April 15, 2015
  3. Rukh Huda April 15, 2015
  4. Muhammad Thoriq April 15, 2015
  5. Faiq Nukha April 16, 2015
  6. Faiq Nukha April 16, 2015
  7. Faiq Nukha April 16, 2015
  8. Faiq Nukha April 16, 2015

Leave a Reply