Exception Handling pada Bahasa Pemrograman Java

            Exceptionadalah suatu peristiwa pengecualian yang terjadi sepanjang program dieksekusi. Peristiwa itu mengganggu jalannya program secara normal. Kesalahan ini terjadi saat runtime, yaitu saat program dieksekusi oleh interpreter.

Saat anda menjalankan program, terkadang anda menemui sebuah kesalahan yang menyebabkan program tidak berjalan dan konsol mengeluarkan suatu pesan error. Pesan error tersebut terjadi karena beberapa hal, seperti mengakses aray yang tidak ada di mana pada konsol keluar pesan kesalahan ArrayIndexOutOfBounds, salah menginput data dengan tipe yang berbeda, terlalu banyak data yang dimasukkan (overflow), atau NumberFormatExceptionyang terjadi saat penggunaan Integer.parseInt dikarenakan parameter bukan merupakan angka.

Secara umum kesalahan pad program dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :

·         Error Kompilasi
Error ini terjadi saat anda melakukan kompilasi program untuk mendapatkan file bytecode(*.class). kesalahan yang terjadi pada tingkat ini adalah kesalahan penulisan perintah seperti menulis system dengan huruf kecil, kurang membubuhkan tanda tanda titik koma (;) di akhir statement, menggunakan variable yang belum di definisikan, belum mengimpor paket yang digunakan, dan lain-lain. Kesalahan pada tahap ini sangat mudah ditelusuri dan dikoreksi, karena kompilator (compiler) akan menunjuk pada baris yang salah dan menjelaskan kesalahan tersebut.
Pada Eclipse kesalahan akan dideteksi dari awal anda mengetikkan perintah, sehingga kesalahan yang ada akan di ketahui secara dini.
·         Error Runtime
Program akan dapat dieksekusi setelah program tersebut bebas dari kesalahan sintaks yang ditandai dengan tidak adanya kesalahan pada saat kompilasi. Setelah program dapat dijalankan oleh interpreter kadang anda menemui kesalahan yang ditampilkan pada konsol. Kesalahan ini yang disebut sebagai exception(pengecualian) runtime.
·         Error Logika
Error logika tidak mengganggu berjalannya program, akan tetapi mengganggu kebenaran sebuah data. Misalnya sebuah data real disimpan dalam sebuah variable integer. Hal ini menyebabkan data asli berbeda dengan data yang disimpan.

Kelas Exception

Untuk menangani exception, java menyediakan kelas Throwable yang terdapat pada paket java.lang.Object yang merupakan default library java. Exception merupakan objek dari kelas Throwable yang digunakan untuk menangkap kesalahan pada program.
Dalam penanganan error pada program java terdapat 2 kelas untuk menangkap kesalahan, yaitu kelas error dan kelas exception.

·         Kelas Error

Kelas error digunakan untuk menangkap kesalahan internal yang terjadi pada system java. Error yang ditangkap biasanya bersifat fatal dan jarang terjadi serta tidak dapat diperbaiki. Untuk mengatasi ini cara yang paling mudah adalah dengan menginstal ulang system java (JDK) yang dipakai.

Kesalahan ini dapat berupa :
o   VirtualMachineError : menyatakan bahwa virtual machine mengalami error.
o   LinkageError : menyatakan library tidak tersedia pada tempatnya. Kemungkinan library terhapus atau mengalami kerusakan.
o   AWTError : menyatakan bahwa AWT mengalami kerusakan yang serius.
·         Kelas Exception

Kelas ini digunakan untuk menangkap kesalahan yang terjadi pada program pada saat dijalankan. Untuk mengantisipasi ini anda dapat menggunakan beberapa kelas turunan kelas exception untuk menangkap kesalahan dan memberikan suatu respon.

One Response

  1. YGO February 2, 2016

Leave a Reply