Character dan String pada Java di Netbeans

Tipe Data char

            Di dalam bahasa Java terdapat sebuah tipe data yang bernama char. Berbeda dengan tipe data seperti int dan float yang digunakan untuk menyimpan bilangan atau angka, tipe data char digunakan untuk menyimpan huruf atau karakter. Dalam bahasa Java, conversion yang digunakan untuk mewakili tipe data char adalah %c.

            Perlu di ingat, bahwa ada perbedaan antara bilangan atau angka 4 dan huruf atau karakter ‘4’. Dalam kode program, kita menuliskan sebuah karakter dengan diapit tanda kutip satu (‘). Tanda kutip satu ini dipakai untuk membedakan antara karakter ‘+’ dengan operator +, karakter ‘1’ dengan angka 1, dan sebagainya.

Character dan String pada Java di Netbeans 1
Output yang di hasilkan pada char ‘a’ ke int adalah bernilai 97. Ketika kita mengisi sebuah variable bertipe char, nilai yang dimasukkan oleh computer adalah kode ASCII-nya. Jadi, perintah karakter = ‘a’; berarti mengisi variable karakter dengan 97.

Tipe Casting

            Jika kalian memperhatikan contoh program terakhir dengan baik, kalian akan menemukan potongan statement (int)(c). Cara penulisan seperti itu disebut tipe casting. Tipe casting adalah memperlakukan sebuah tipe data tertentu sebagai tipe data yang lainnya. Mari kita lihat potongan statement pada contoh program terakhir kita.

(int)(c)

            Variabel c adalah variable yang ingin dilakukan tipe casting. Variable c bertipe data char dan ingin diperlakukan sebagai integer. Oleh karena itu, di depan variable c kita berikan tipe data tujuan (int) yang di apit dengan tanda kurung. Tidak semua tipe data dapat di-casting ke tipe data yang lainnya. Misalnya tipe data char tidak dapat di-casting ke tipe data float.

Tipe Data string

            Tipe data string dipakai untuk menyimpan sekumpulan karakter. Dapat juga dikatakan bahwa string menyimpan kata atau kalimat. Bahasa java telah menyediakan tipe data String. Tipe data bersifat dinamis. Artinya, kita tidak perlu menentukan terlebih dahulu berapa panjang maksimal dari isi string tersebut. Selain itu, tipe data String pada Java tidak di akhiri karakter null pada karakter terakhirnya. Untuk menampilkan tipe data String pada Java, kita dapat menggunakan fungsi System.out.printf() dengan conversion specifier %s.

Manipulasi String pada bahasa Java

            Untuk meminta input string pada bahasa Java, kita tetap menggunakan Scanner. Namun fungsi yang digunakan adalah nextLine(). Berikut ini adalah fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk memanipulasi string di dalam bahasa Java:

1.      Fungsi length() : untuk memeriksa panjang dari sebuah string.
2.      Fungsi concat() : untuk menggabungkan 2 buah string.
3.      Fungsi compareTo() : untuk membandingkan apakah 2 buah string sama atau tidak. Jika sama, amaka compareTo() akan menghasilkan nilai 0.
4.      Fungsi toCharArray() : untuk mengubah tipe data String menjadi array dari char.
5.      Fungsi toString() : untuk mengubah array dari char menjadi String.

2 Comments

  1. Banu Ari Ramadhan April 13, 2015
  2. Faiq Nukha April 16, 2015

Leave a Reply