Bagaimana cara diterima Adsense dengan one page website?

One page website adalah website ringan dengan hanya mengandalkan satu halaman saja untuk memuat seluruh konten yang dimiliki.

Adsense merupakan salah satu cara bagaimana kita mendapatkan penghasilan dari situs web anda. ia sendiri sangat diminati oleh kalangan blogger, pengguna wordpress, ataupun website yang lainnya. Di mesin pencari sendiri pun sudah banyak sekali tutorial mengenai adsense itu sendiri, entah itu cara diterima atau pun yang lainnya. Kali ini penulis akan membagikan tentang bagaimana cara diterima adsense dengan one page website.

adsense-one-page-website

Sebelum kita membahas inti dari judul, alangkah lebih baiknya kita mengetahui sejarah dari adsense itu sendiri.

Sejarah Adsense

Adsense sendiri dikembangkan oleh Google yang awalnya bernama content targeting advertising (atau iklan penargetan berdasarkan konten) pada bulan maret 2003. Nama adsense sendiri awalnya digunakan oleh Applied Semantics, sebuah nama penawaran yang dilakukan oleh Applied Semantics. Nama ini pun di adopsi oleh Google setelah Google mengakuisisi Applied Semantics pada April 2003. Namun beberapa pengiklan yang menggunakan adsense mengatakan bahwa ia menghasilkan hasil yang lebih buruk daripada adwords, karena pada saat itu adsense hanya melayani iklan yang terkait dengan konten yang ada pada halaman web.

Sebagai contoh, ketika seseorang hendak berkeinginan untuk memesan bunga, tetapi yang terjadi adalah ia hanya memunculkan istilah yang terkait dengan bunga, yang mengakibatkan blog yang menawarkan bunga maka yang terjadi pemilik blog hanya akan mendapatkan komisi sesuai dengan nilai CPC yang berlaku saat itu. Oleh karena itu, pada tahun 2004 Google mengizinkan pengiklannya untuk memilih keluar dari jaringan adsense.

Paul Buchheit, pendiri Gmail, memiliki ide untuk menjalankan iklan dalam layanan Gmail. Dan dengan bantuan oleh rekan-rekannya dan dengan dukungan dari Sergey Brin, yang mengorganisir tim menjadikan ide itu menjadi produk yang sangat sukses. Pada awal tahun 2005, adsense menyumbang sekitar 15 persen dari total pendapatan Google.

Apa itu Adsense?

Mungkin selama ini masih banyak orang yang masih belum mengetahui Google Adsense itu sendiri. ia adalah suatu program jasa periklanan yang dimiliki dan juga dikelola oleh Google. Sebelumnya anda harus memiliki sebuah situs web sendiri, yang kemudian akan dilakukan verifikasi oleh Google apakah situs web yang anda miliki berhak mendapatkan program periklanan atau tidak.

Iklan yang akan ditampilkan oleh Google Adsense sendiri dapat berupa gambar, video, teks, ataupun teks beserta gambar. Iklan tersebut dapat ditempatkan sesuai keinginan pada halaman situs web anda. Google sendiri akan membayar berdasarkan CPC atau setiap ada pengunjung yang meng-klik iklan di website anda. Metode yang dilakukan oleh Google sendiri merupakan metode yang di hitung dengan model per klik iklan atau per seribu impresi.

Apa itu One Page Website?

One page website adalah website yang hanya memiliki satu halaman. Satu halaman tersebut memuat seluruh hal yang kalian butuhkan dan ditampilkan hanya di satu halaman web itu, sesuai permintaan. One page website sendiri lebih memudahkan pengunjung karena navigasinya yang bisa dikatakan mudah.

One page sendiri menjadi tren, karena banyak digunakan untuk jenis web portfolio. Tetapi dapat juga ditemukan di aplikasi atau situs yang pada dasarnya sesuatu yang akan dimuat tersebut tidak berat apabila hanya di muat di satu halaman saja. Menampilkan semua konten situs web dalam satu halaman merupakan cara yang bagus untuk membantu pengunjung memahami isi konten dari situs web anda dan begitu pula menghemat waktu pengunjung, karena mereka tidak harus melompat dari satu halaman ke halaman lain, karena one page sendiri hanya dimuat satu kali saja.

Mungkinkah Adsense dapat diterima di One Page Website?

Kebanyakan yang terjadi sekarang adalah adsense sendiri di muat atau di daftarkan untuk blog yang berisi banyak artikel. Dan itu akan membuat kita membutuhkan waktu sedikit lama untuk mendaftarkan situs web kita ke adsense. Dengan menggabungkan tren saat ini yang hanya bermodal one page website, kita bisa mempersingkat waktu dalam melakukan pendaftaran ke Google Adsense.

Lalu bagaimana cara kita membuat one page website yang kita bangun dapat diterima oleh Adsense, itu akan penulis bahas dibawah ini.

Bagaimana membuat diterima Adsense dengan One Page Website?

Seperti di jelaskan di atas, semoga kalian dapat memahami apa itu adsense dan juga apa itu one page website. Saat ini penulis akan membahas cara bagaimana diterima adsense dengan one page website. Semoga apa yang penulis tulis dapat dengan mudah kalian pahami.

Memiliki theme responsive dan cepat

Memiliki theme responsive adalah hal dasar yang harus kalian punya. Karena saat ini dibutuhkan website yang dapat berjalan atau dapat render di semua layar, baik itu desktop maupun mobile. Selain responsive theme kalian harus cepat, karena itu memudahkan pengunjung untuk mengakses website kita.

Terdapat 600 kata lebih

Seperti yang kalian ketahui untuk membuat artikel berkualitas sendiri dibutuhkan paling tidak untuk saat ini adalah 600 kata dan kalua bisa lebih, agar lebih baik. Bagaimana cara kita memasukkan 600 kata itu dalam satu halaman atau istilah lainnya home pada suatu website? Kalian bisa mensiasatinya dengan membagi 600 kata itu ke tiap bagian, semisal dalam satu halaman itu terdapat konten about us, portfolio, kelebihan, benefit, dan yang lain sebagainya, maka kita dapat membagi 600 kata itu di tiap bagian konten yang akan kita tampilkan dalam satu halaman tersebut.

Terdapat menu contact, disclaimer, privacy policy dan sitemap.

Mengapa menu tersebut penting? Bukannya kita akan membuat one page website? Mari kita bahas perlahan-lahan, yang pertama menu tersebut ada karena itu akan membuat pihak Google sendiri mengetahui arti dari pembuatan website kita, tujuannya apa dan lain sebagainya. Dan untuk membuat page menu tersebut pun bisa dilakukan dengan mudah. Terdapat disclaimer dan privacy policy generator, yang nantinya tinggal kalian copy paste-kan di page sesuai tempatnya. Dan untuk menu sitemap sendiri berguna untuk mempermudah kita melakukan indeks pada mesin pencari baik itu Google maupun yang lainnya.

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat penulis tulis, apabila terdapat hal yang tidak kalian pahami silahkan komen di bawah ini. Selain itu, apabila terdapat artikel yang ingin kalian pelajari dan ingin penulis untuk menulis itu silahkan kontak kami di menu contact di atas. Jangan lupa untuk membantu website ini dengan membagikannya di jejaring social.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel yang lainnya yang tidak kalah menarik, seperti “Bagaimana membuat SEO Offpage bekerja dengan efektif?”.

One Response

  1. Devoyage Bogor October 10, 2019

Leave a Reply