Bagaimana membuat SEO Offpage bekerja dengan efektif?

Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu, apa itu SEO Offpage? Pada artikel sebelumnya, yaitu mengenai SEO Onpage semoga kalian dapat dengan mudah memahami atau menangkap inti dari artikel tersebut. Berlawanan dengan SEO Onpage, Offpage SEO merupakan kumpulan tips untuk mengoptimalkan elemen yang berada di luar situs web, termasuk pembuatan tautan (link building), pemasaran di media social, bookmark media social, … membantu situs web menjadi yang teratas.

seo-offpage

Dari gambar di atas kita sudah bisa melihat 3 faktor penting dalam membangun SEO Offpage yang perlu mendapat perhatian lebih.

Dalam ketiga factor (link building, social media, social bookmarking) dan factor-faktor lain yang mempengaruhi, backlink SEO adalah factor yang paling penting dan yang paling berpengaruh terhadap peringkat situs web ada di mesin pencari. Dan kemungkinan pada artikel kali ini akan lebih banyak membahas mengenai backlink itu sendiri.

Sebagai contoh ketika kita memiliki banyak backlink maka dengan pasti kemungkinan besar situs web anda akan mendapat peringkat tinggi dalam sebuah hasil pencarian yang dilakukan.

Proses membangun dan menemukan backlink disebut link building. Sukses membangun SEO atau tidak tergantung bagaimana anda membangun kualitas dari “link”.

Mengapa link building itu penting?

Bagi penulis, link building adalah hal yang paling penting untuk menempatkan situs web pada peringkat tinggi karena mesin pencari (disini adalah Google) sangat tertarik dengan jumlah dan kualitas backlink di internet. Membuat semua artikel pada situs web mengarah pada domain kita.

Setiap jam bahkan setiap menit Google sendiri akan terus membuat pembaharuan untuk menentukan situs web mana yang pantas mendapatkan posisi terbaik dalam hasil sebuah pencarian. Untuk lebih detail, Google akan melakukan penelusuran pada internet untuk menemukan jumlah link yang menunjuk kembali ke situs web anda atau domain web anda dan Google akan melakukan pengindeks-an. Dan terakhir Google akan menggunakan algoritma yang dimiliki untuk menentukan hasilnya.

Algoritma Page Rank adalah algoritma bagaimana Google melakukan evaluasi nilai sebuah halaman berdasarkan jumlah dan kualitas halaman yang terhubung dengannya.

Jadi backlink memiliki peranan penting dalam menentukan lokasi situs web anda dalam sebuah hasil pencarian.

Contoh betapa pentingnya backlink

Jika kalian memiliki 100 backlink yang mengarah pada situs web anda, misalkan dengan keyword “cara menurunkan berat badan” dari 100 situs web yang sangat terkemuka di bidang kesehatan. Ketika Google mengunjungi situs-situs terkemuka tersebut, maka Google akan tahu bahwa situs web tersebut memiliki backlink ke web anda. Dan memahami bahwa web anda memiliki konten yang sangat berguna yang membawa nilai bagi pembaca. Dan akan mengakibatkan situs web anda akan mencapai peringkat tertinggi dalam hasil pencarian.

Setelah anda memahami betapa pentingnya backlink tentunya anda perlu memahami bagaimana membuat backlink yang berkualitas yang akan bertahan lama.

Bagaimana membuat backlink berkualitas?

Backlink yang berkualitas dengan atribut berikut akan dianggap yang terbaik di mata mesin pencari dan memiliki dampak yang maksimum pada proses SEO Offpage anda.

Pada dasarnya, backlink berkualitas memiliki beberapa elemen untuk dibuat, yaitu

  • Backlink sulit ditemukan
  • Backlink search vs build backlink
  • Memiliki relevansi dengan domain
  • Memiliki keterkaitan terhadap artikel tertentu
  • The relevance in Topical Trust Flow
  • Tautan kontekstual
  • Backlink memiliki DR tinggi
  • Memiliki outbound link dalam bidang yang dibuat
  • Memiliki konten berkualitas
  • Memiliki keanekaragaman dalam IP
  • Backlink membuat situs web lebih banyak pengunjung
  • Menggunakan anchor text yang efektif

Dari ke-12 faktor diatas, kalian bisa lebih jauh memahaminya dalam artikel yang nantinya akan dibuat oleh penulis mengenai backlink secara lebih spesifik.

Panduan SEO Offpage: Bagaimana cara membangun link yang berkualitas?

Setelah anda selesai membaca mengenai penjelasan backlink diatas serta factor dalam membuat backlink yang berkualitas, apa yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah cara untuk membangun link berkualitas.

Ada banyak cara dalam membangun link, di Google sendiri sudah banyak artikel yang memuat bagaimana membangun link yang berkualitas. Dan untuk kali ini, penulis menemukan cara yang sangat efektif sehingga anda dapat memulai perjalanan dengan mudah.

Social profile/social bookmark & citation

Jenis backlink ini bisa sangat dengan mudah dibuat, siapa sih yang tidak memiliki Facebook? Atau Twitter? Ataupun social media yang lainnya? Penting untuk menaruh link social media kita pada website yang kita bangun, dengan begitu pengunjung akan mengenal kita dengan lebih.

Ketika anda mengembangkan sebuah komunitas, atau di Facebook terdapat yang Namanya fanspage, apabila itu memiliki komunitas yang besar atau kuat, itu akan dengan mudah membuat pembaca mengakses konten yang anda buat. Hanya dengan membagikan link situs web anda ke berbagai social media.

Jika konten artikel yang anda buat benar-benar menarik, maka otomatis konten yang anda buat akan dibagikan dengan sukarela secara luas pada social media. Karena itu penting bagi kita untuk memiliki social media mungkin dengan pengikut yang banyak akan membuat share link lebih mudah dan membuat traffic situs web meningkat dengan cepat.

IFTTT – Automate backlink

IFTTT (If This Then That) merupakan tool gratis yang membantu anda mengotomatiskan pekerjaan kehidupan anda (termasuk kehidupan sehari-hari), tetapi karena manfaatnya tersebut, banyak pengguna SEO, menerapkannya untuk mengotomatiskan berbagai backlink berkualitas ke situs web anda. Anda hanya perlu mengatur formula dan saat itu juga ketika anda membuat artikel dan mem-postingnya, anda dapat dengan mudah memiliki puluhan backlink.

ifttt-automate-backlink

Melakukan blogwalking pada komen blog dan forum

Blogwalking juga merupakan salah satu backlink gratis yang bisa dilakukan oleh siapapun karena kemudahan dalam melakukannya, dan link yang harus anda perlu masukkan adalah halaman link yang anda butuhkan untuk SEO.

PBN – Private Blog Network

Untuk proses ini anda harus memiliki “anggaran” yang sangat tinggi, dikarenakan PBN sendiri merupakan metode yang akan membuat kantong anda kering, tetapi dibalik semua itu, terdapat keunggulan sendiri, yaitu memiliki efektivitas yang tinggi dalam membangun backlink, tinggal bagaimana anda melakukan manajemen masalah keuangan dan investasi.

Social Media Marketing

Melakukan pemasaran di social media intinya adalah bagaiamana anda membangun link dari jejaring social mengenai situs web yang anda bangun serta melakukan interaksi yang banyak di jejaring social. Dan bagaimana menggunakannya secara efektif akan di bahas di bawah ini.

Social Bookmarking

Tidak sepopuler dulu tetapi masih merupakan cara yang baik untuk mendapatkan traffic yang bagus ke situs web anda. Bergantung pada lokasi yang anda tentukan nantinya, anda dapat menemukan situs web seperti reddit.com, stumbleupon.com, scoop.it dan delicious.com (untuk beberapa nama) untuk melakukan promosi pada konten anda.

Kesimpulan

Penulis berharap anda menjadi terbantu atau mempunyai titik terang memahami dalam penerapan SEO Offpage.

Dan jangan lupa bahwa SEO Onpage juga memiliki peran yang sama pentingnya! Untuk detailnya bisa and abaca di artikel “Bagaimana SEO Onpage dapat berjalan tanpa backlink?”.

Selain itu, penulis juga menginginkan anda berkontribusi dengan membagikannya di situs jejaring social atau jika memiliki pertanyaan, silahkan berkomentar di bawah ini. Terima Kasih!

Leave a Reply